6 Cara Jitu Merawat AC Mobil Toyota Anda

December 7, 2022

AC merupakan fitur yang wajib ada pada mobil Toyota terbaru. Di dalam mobil Toyota, AC berfungsi sebagai pendingin kabin kendaraan. Selain fungsi pendingin AC mobil juga memiliki tugas menghilangkan embun dari kaca mobil saat hujan.

Karena pentingnya pengoperasian AC mobil, maka diperlukan perawatan. Jika perawatan tidak dilakukan dengan benar, maka AC kendaraan tidak akan dingin. Berikut kita bahas cara merawat AC mobil agar selalu dingin. Begini cara penanganannya.

1. Jaga kebersihan kabin mobil Toyota

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan di dalam atau di dalam kabin mobil. Kabin yang kotor dan berdebu mempengaruhi kebersihan AC. Jika hal ini dibiarkan, maka AC tidak akan dingin dan udara yang dikeluarkan menjadi tidak sehat karena tercemar. Perlu diketahui bahwa sistem AC mobil menggunakan sirkuit tertutup yang berulang kali menggunakan udara dari interior mobil untuk mendinginkan.

2. Hindari membuka jendela mobil Toyota

Hindari membuka kaca mobil saat menggunakan AC mobil. Namun pada waktu-waktu tertentu, seperti membayar tol atau parkir, Anda harus membuka jendela dan itu tidak bisa dihindari. Hal ini dilakukan agar kotoran atau debu dari luar mobil tidak masuk ke dalam kabin.

Cobalah untuk tidak membuka kaca depan jika Anda tidak tertarik. Hal ini cenderung membuat kabin tetap sejuk dan keluaran AC tidak terlalu tinggi karena kabin selalu dingin. Saat Anda membuka jendela, udara dingin keluar dari dalam mobil. Ini membuat AC bekerja lebih keras. 3. Jangan merokok di dalam mobil
Hal berikutnya yang harus dihindari adalah merokok di dalam mobil. Karena bau asap rokok yang tidak sedap sangat sulit untuk dihilangkan. Asap rokok juga dapat masuk ke dalam AC, menimbulkan bau tidak sedap dan berbahaya bagi kesehatan bila bercampur dengan udara di dalam kabin penumpang.

Selain baunya yang tidak sedap, asap rokok juga dapat merusak AC. Ini karena asap rokok menempel pada filter kabin atau filter AC yang menyaring udara. Dalam hal ini, AC tidak dingin.

4. Selalu bersihkan filter AC

Filter AC mobil atau sebagian orang menyebutnya dengan Filter Udara Kabin merupakan filter udara yang digunakan untuk mendinginkan interior mobil. Filter AC biasanya ada di dashboard dan mengambil udara dari kaki penumpang. Tempat ini rawan terhadap kotoran, sehingga Anda perlu memastikan kebersihan filter AC agar kualitas udara kabin tetap segar dan bersih. Jika AC tidak terasa segar dan tidak nyaman, sebaiknya hubungi service advisor resmi.

5. Gunakan pengharum mobil Toyota yang sesuai

Bau yang keluar dari pengharum mobil mungkin tidak cocok untuk semua orang. Agar aman, gunakan parfum yang netral atau beraroma ringan. Selain itu, salah memilih pengharum ruangan bisa cepat mengotori AC dan merusak interior kabin, mis. B. meninggalkan noda. Jenis bahan pengharum mobil juga perlu mendapat perhatian khusus karena jika salah memilih maka bahan pengharum tersebut akan mengandung senyawa kimia yang justru dapat mengotori kapasitor AC.

6. Selalu lakukan perawatan secara berkala

Perawatan rutin memastikan kondisi mobil selalu prima, termasuk mesin, kaki-kaki, dan pendingin kabin. Tujuannya agar Anda merasa nyaman saat bepergian karena semua fungsi AC bekerja dengan baik dan optimal. Lakukan perawatan berkala sesuai dengan manual servis kendaraan, jadi setiap 6 bulan atau setiap 10.000 km, mana yang tercapai lebih dulu.

Tags :
Share This :

Product Rekomendasi

Promo Terbaru

FAMMY YAN

Toyota Senior Sales

SKEMA CICILAN

6 Cara Jitu Merawat AC Mobil Toyota Anda

A problem was detected in the following Form. Submitting it could result in errors. Please contact the site administrator.